Minggu, 19 Juni 2011

Struktur Pasar

Oleh : Abdillah Syahroni
AGROEKOTEKNOLOGI A / 0910480004


Struktur Pasar

Kehadiran pasar bertujuan untuk memudahkan pertukaran produk, jasa dan sumber daya. Para pembeli dan para penjual ada di pasar dan mempunyai keinginan untuk membeli atau menjual dengan menawarkan atau menanyakan harga dalam jumlah tententu. Sekalipun suatu transaksi tidak berlangsung, kejadian ini dianggap sebagai penetapan harga produk.
Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
1. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di
antaranya:
• pasar tradisional
• pasar raya
• pasar abstrak
• pasar konkrit
• toko swalayan
• toko serba ada, dll
2. Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa
macam di antaranya:
• pasar ikan
• pasar sayuran
• pasar buah-buahan
• pasar barang elektronik
• pasar barang perhiasan
• pasar bahan bangunan
• bursa efek dan saham
Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaituprodusen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.
Pengertian dari struktur pasar itu sendiri adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Unsur-unsur struktur pasar terdiri atas:
• konsentrasi
• differensiasi produk
• ukuran perusahaan
• hambatan masuk
• integrasi vertikal
• diversifikasi

Struktur Pasar (Market structure) adalah karakteristik fisik dlm lingkungan pasar yg terkait dengan interaksi antara penjual dan produsen produk. Struktur pasar ditetapkan oleh 3 karakteristik yaitu
• Jumlah firms dalam pasar
• Kemudahan masuk (entry) dan keluar (exit)-nya firms
• Derajad keragaman (differentiation) produk
Sedangkan jika diklasifikasikan, struktur pasar terdapat berbagai bentuk yaitu
a) Pasar Bersaing Sempurna/Murni (Perfect Competition)
Perfect Competition adalah suatu struktur pasar dengan karakteristik sebagai berikut
 Banyak firm besar, sehingga tidak ada satupun firm yg dapat mempengaruhi pasar. Pada kondisi ini firms sebagai price takers, mereka tidak mampu mengontrol harga dan mereka hanya beraktivitas pada harga pasar
 Produk serupa, produk seragam, produk umum (generik).
 Easy entry, firm mudah masuk dalam industri.
 Kurve permintaan yang dirasa oleh masing masing firm berbentuk horizontal.

Pasar persaingan sempurna hanyalah sebuah teori yang didasarkan pada 4 asumsi yaitu :
 Ada banyak penjual & pembeli
 Barang & jasa homogen
 Penjual dan pembeli memiliki informasi yang relevant mengenai harga, kualitas produk, sumber penawaran, dan
 Produsen & konsumen bebas keluar masuk pasar

b) Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition)
Untuk pasar persaingan tidak sempuna masih dibagi lagi menjadi beberapa struktur pasar yaitu
• Persaingan monopolistik (Monopolistic Competition)
Persaingan monopolistic adalah pasar yang memiliki banyak produsen, dimana mereka bebas keluar masuk pasar dan mendiferensiasi produk mereka. Jenis pasar ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan pasar persaingan sempurna yaitu sebagai berikut :
• Terdapat banyak firm
• Mudah masuk dan keluar (Tidak ada hambatan masuk kedalam pasar)
• Produk beragam

• Oligopoli (oligopoly)
Pasar oligopoly ialah suatu structur pasar dimana diantara firm sedikit terjadi saling tergantung (interdependent). Beberapa seringkali menghadapi rintangan masuk (barriers to entry) yang signifikan.
Struktur pasar ini memillki karakteristik sebagai berikut :
o Terdapat Beberapa firm (lebih dari satu firm), beberapa firm tersebut mempengaruhi pasar, tetapi jika sendiri sendiri tidak cukup mempengaruhi pasar.
o Entry lebih sulit, tetapi entry masih bisa terjadi
o Firms yang saling terkait (interdependent), masing-masing firm dipengaruhi oleh yang lain.
o Produk terdeferensiasi
Dari sekian karakteristik tersebut , ada karakteistik kunci yaitu tiap firm dapat mempengaruhi pasar, mengakibatkan pilihan tiap firm tergantung pada pilihan firm yang lain. Oleh karena itu mereka memiliki hubungan saling bergantung satu sama lain.

• Monopoli (monopoly)
Monopoli adalah struktur pasar yang hanya memiliki satu firm didalamya. Masuknya firm lain kedalam pasar tidaklah mungkin. Karena Produsen yang memiliki kekuatan pasar akan menggunakan kekuasaannya untuk menghambat produsen baru untuk masuk ke pasar.
Contoh pasar monopoli antara lain :
 Waralaba pemerintah
 Paten
 Kepemilikan atas faktor produksi yang langka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar